Kamis, 24 November 2011

Mengatasi Virus Shortcut (.lnk) dengan Ubuntu




Bagi konco-konco yang terinfeksi virus shortcut (.lnk), biasanya virus ini menyebabkan folder di kompi/lapie ataupun di flashdisk menjadi bertanda panah di iconnya alias menjadi shortcut and buat ni folder gak bisa di akses...eits jangan keburu delete folder-folder yang terinfeksi tadi...sebenernya data di dalam folder tadi gak ilang, hanya saja di sabotase sama virus. Gak tau ni virus dari variant mana and dari keluarga mana, yang jelas virus ini lumayan bikin sebel. Saya udah coba scen Flasdisk yang terinfeksi pake antivirus temen: "Sm***v versi 8.7", tapi  gak berhasil ngebalikin folder asli yang terjangkit. Saya emank gak terbiasa install antivirus di lapie karena jengkel liat notifikasi yang muncul-muncul terus, belum lagi bikin laptop berat, oleh sebab itulah saya malas menggunakan antivirus. Jadi kali ini saya masih menggunakan Ubuntu sebagai indikator..dan ternyata folder yang terdapat di flashdisk tersebut masih dapat di akses, tapi yang mengejutkan, banyak sekali file-file yang sebelumnya tidak saya temukan di Windows. Ternyata file ini adalah duplikat dari folder-folder yang terdapat di flashdisk, tapi dengan tambahan ekstensi .lnk pada setiap filenya. Pikir saya mungkin inilah biang kerok yang bikin folder di Windows jadi shortcut. Tanpa pikir panjang, file-file aneh tersebut saya hapus dengan menekan shift+del (biar terhapus permanen). Setelah terhapus file-file aneh beserta folder-folder aneh yang sebelumnya tidak ada di Windows, saya masuk kembali ke Windows untuk melihat perubahan yang terjadi....akhirnya folder saya kembali lagi seperti semula..haha...sekian cerita singkat and gak jelas dari saya semoga ada manfaatnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar