Senin, 23 Mei 2011

Harddisk Eksternal Korupt (The file or directory is corrupted and unreadable)

Kemaren ada temen nitip harddisk eksternal Seagate 320 GB katanya minta dibaikin, soalnya gak bisa dibaca di komputernya, mau di format banyak data penting, jadinya harus berhati-hati. Setelah saya cek, waktu dibuka keluar error message kayak gini :





Dan saya iseng-iseng coba colok di Linux, kebetulan saya menggunakan Ubuntu 10.04, dan ternyata tidak ada masalah dengan harddisknya, kemudian saya colok kembali ke Windows, masih saja muncul peringatan seperti di atas (the file or directory is corrupted and unreadable), akhirnya saya menyimpulkan bahwa masalahnya berhubungan dengan sistem operasinya. 

Lagi males cari tau kenapa dan bagaimana solusinya, saya colok lagi di Linux dan langsung saya amankan data-data yang ada di dalam hardisk eksternal ke laptop saya. Setelah itu saya Format hardisk eksternal tersebut, dan syukurlah akhirnya tidak ada peringatan lagi saat membukanya. Langkah terakhir, pindahkan kembali data-data ke harddisk seperti semula. Selesai deh..hehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar