Sabtu, 07 Mei 2011

Awal Berkenalan Dengan Linux

Akhirnya niat untuk menginstall sistem operasi yang satu ini kesampaian juga. Ya, sistem operasi Linux, sebuah sistem operasi yang legal, opensource, bebas, dan gratis. Sangat berguna bagi anda-anda yang terbentur masalah legalitas untuk memilih sistem operasi. Kali ini saya menginstall salah satu jenis variant Linux yaitu Ubuntu 10.04.

Awalnya saya masih menggunakan dual boots yaitu Linux dan Windows, karena untuk migrasi ke Linux harus dilakukan bertahap, ya untuk awalnya saya harus menginstall Linux bersebelahan dengan Windows. Sempat bingung bagaimana menginstall bersebelahan dengan Windows. Setelah bertanya-tanya di forum akhirnya saya menyediakan partisi untuk Linux sebesar 20 GB, yaitu 17 GB untuk File System dan 3 GB untuk Memori Swap.






Ternyata menginstall Ubuntu itu sangat cepat dan mudah,  tak seperti yang saya bayangkan, penuh dengan perintah yang harus diketik. Kemudahan tersebut karena Linux telah mengadopsi tampilan GUI (Graphic User Interface). Tak perlu koneksi internet untuk menginstall Ubuntu, namun jika anda  menginginkan pilihan language yang lebih maka anda dapat mendownloadnya saat proses instalasi. Karena memakan waktu yang cukup lama waktu mendownload paket language, maka saya melewati tahapan ini. Dan setelah kurang lebih 30 menit, akhirnya ter-install juga sistem operasi ini.

Wah, lumayan juga tampilan Ubuntu, tak seperti yang saya bayangkan. Sekarang tinggal mencoba meng-explore, dan ternyata di Ubuntu kita tidak perlu lagi menginstall driver layaknya di Windows. Bahkan ketika menggunakan Modem, tinggal Plug and Play tak perlu install driver.

Percaya-tidak percaya, ternyata proses install software di Ubuntu sangat mudah, namun seluruh proses instalasi dan update harus melalui koneksi internet. Sebenarnya Ubuntu telah menyediakan berbagai software yang kita butuhkan, anda dapat mengakses Ubuntu Software Center melalui menu Application. Disana anda dapat mencari atau mengetik sendiri program yang anda butuhkan.

Yang menarik bagi saya, Python 2.6 telah terinstall otomatis pada Ubuntu, tinggal mengetik " python " (tanpa tanda petik) melalui terminal, maka python telah siap digunakan. Wah, sangat menarik....^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar