Sabtu, 03 September 2011

"NTLDR is missing Press Ctr + ALt + Del to Restart" ??


Setelah beberapa bulan disibukkan dengan KKN, akhirnya bisa kembali lagi ke rutinitas biasa.*senang*...sangking lamanya gak buat postingan, gue kesulitan login diblogger (lupa email n password haha)...untung aja ada buku catatan tersendiri yang khusus nyimpen email n password yang dibuat untuk berbagai keperluan...maklum suka lupa. 

Waah kehilangan talenta nih dua bulan KKN, gimana gak, selama dua bulan kerjaan cuma bengong di kantor, main PES 2011 di posko, ngetik proposal, ngetik  laporan serta segala macem tetek bengeknya, pas nyampe rumah paling langsung tidur kalau udah kesenggol ma bantal. Haduuh gak produktif banget (=.=')...menurut gue, tema yang cocok untuk KKN tahun ini: "KKN Membawa Petaka". lol...

Waktu pelaksanaan KKN yang hampir separonya bulan Ramadhan bukannya dipake buat banyak2 beribadah dan mendekatkan diri sama Yang di atas tapi malah dihabisin buat ngegame ato ketawaan n ngetawain temen tiap ada waktu kosong. Padahal posisi posko tepat 90 derajat di depan masjid.. .hiks.hiks...*sedih*..yah gak papa lah, banyak juga pengalaman berharga yang didapet dari sini., baik pengalaman kerja di kantor,  pengalaman di posko bareng temen2, and banyak juga kejadian lucu selama KKN. Ada kalanya kita merindukan masa-masa seperti ini *lebay*...

Ah udah dulu ngomongin KKN nya...yang penting dah kembali ke habitat asal.

Selang beberapa waktu KKN ada temen minta tolong baikin laptop yang katanya lagi rusak. pas saya cek ternyata gak mau masuk ke Windows, muncul tulisan :

"NTLDR is missing Press Ctr + ALt + Del to Restart"

Baru tau ada masalah yang kayak gini, yang terpikir pertama kali di kepala saya mungkin ada file yang hilang di sistemnya, entah gak sengaja hapus atau karena virus. Coba-coba googling eh ternyata bener, komputer cuma kehilangan file Windows yaitu file NTLDR dan  Ntdetect.com. Cari info di mbah google:
NTLDR dan Ntdetect.com adalah salah satu file system windows yg digunakan komputer utk melakukan booting awal. Bila file ini rusak, corrupted atau terhapus karena sesuatu hal (Virus, crash, dll) maka windows tidak bisa digunakan dan biasanya muncul pesan error “NTLDR is Missing”


Terus saya coba cari solusi untuk mengatasinya selain dengan cara install ulang Windows. Setelah baca-baca, kebanyakan menyuruh untuk me-Repair Windows dan mengcopy file dari Cd instalan Windows. Iseng-iseng saya coba booting pakai Ubuntu live USB tapi kok gak mau masuk ke ubuntu, padahal udah dicoba berkali-kali masih tetap muncul pesan error “NTLDR is Missing”, gak tau kenapa. 

Cara terakhir saya coba pakai Ubuntu Live CD, dan ternyata cara tersebut berhasil. Dan kemudian saya masuk ke file system Windows ternyata memang tidak saya temukan dua file yang bernama NTLDR dan  Ntdetect.com. Kedua file ini terselip di folder lain, mungkin temen saya gak sengaja ngopy file itu ke folder lain, akhirnya saya kembalikan kedua file tersebut di systemnya yaitu drive C (C:\). Setelah di restart...jeng jreeng...akhirnya mau lagi masuk windows *girang*...haha...


2 komentar: