Kamis, 16 Juni 2011

Install Linux Di USB



Sistem operasi Linux memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya. Salah satunya dengan memungkinkannya sistem operasi tersebut  menjadi sistem operasi yang dapat disimpan di saku  kita masing-masing. Tak perlu biaya yang mahal, Cuma  perlu modal USB 1 GB siap format kita dapat menikmati  fasilitas live USB dari linux. yah, mungkin dapat dibilang Linux yang kita install merupakan versi demo, dan untuk mendapatkannya secara permanen kita dapat menginstallnya di harddisk kita. Untuk membuat USB bootable, kita memerlukan software Universal USB Installer. Untuk mendapatkan software tersebut anda dapat langsung mendownloadnya secara gratis melalui situs resminya :
 untuk lebih jelasnya berikut ini alat dan bahan yang dibutuhkan:
1. sistem operasi windows
2. USB flashdisk Minimal 1GB
3. software Universal USB installer
4. file ISO Linux (saya menggunakan Ubuntu 10.10)
5. secangkir kopi (bagi yang memerlukan) ^ ^

apabila semua alat dan bahan telah disiapkan, langkah-langkah yang perlu dilakukan yaitu:
1. buka software Universal USB installer, kemudian pilih " I Agree". pastikan Flashdisk anda telah terpasang di PC atau laptop anda.

2. pilih distribusi Linux yang akan anda install, kali ini saya menggunakan Ubuntu 10.10
3. pilih file ISO Linux yang hendak anda install, setelah itu pilih dimana USB yang akan diinstall Linux.

4. tunggulah beberapa saat Linux diinstall dan di extrak di flashdisk, setelah muncul tulisan "installation complete", maka proses instalasi telah selesai dan flashdisk anda telah menjadi bootable dan siap digunakan.

untuk menggunakannya anda hanya perlu me-reboot PC atau laptop anda, tentunya dengan flashdisk tetap terpasang. maka secara otomatis anda akan masuk ke sistem operasi linux yang telah anda install tadi. oke, selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar