Senin, 09 Mei 2011

Python Di Ubuntu






Saat menginstall Ubuntu, Python 2.6 telah terinstall secara otomatis. Untuk menggunakannya anda tinggal mengetik "python" (tanpa tanda petik) pada terminal kemudian tekan enter. Setelah muncul tanda prompt (">>>"), maka python telah siap dieksekusi. Namun perintah-perintah yang kita ketik masih bersifat interaktif, artinya script tersebut tidak dapat disimpan atau di edit jika terdapat kesalahan. Maka perlu adanya text editor untuk mengetik script yang kita inginkan.


Setelah beberapa hari menggunakan Linux, saya melihat ruang gerak yang besar bagi seorang yang hobi pemrograman daripada Windows. contohnya pada terminal di linux kita tinggal mengetik "python" untuk bisa mengeksekusinya sedangkan melalui command promt bawaan windows kita harus melakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu. Selain itu, notepad bawaan linux (gedit text editor) sangat mendukung untuk penulisan script berbagai bahasa pemrograman, dapat kita lihat pada fitur highlight mode.


Untuk penulisan script melalui gedit text editor sangat mudah, pada pilihan script, ubahlah ke Python (view--> Hightlight Mode -->Scripts --> Python), maka script program yang kita tulis dapat dikenali sesuai tata bahasa program tersebut. Setelah selesai menulis script program, maka save pada direktori yang anda inginkan, misalnya script kita beri nama " latihan", dan di save pada direktori Documents. Kemudian kita buka terminal dan ubah direktori ke Documents dengan mengetik perintah : cd Documents. Setelah berpindah direktori, kita tinggal mengeksekusi program dengan mengetik : python latihan.
Maka dapat kita lihat script tersebut telah dirunning.

Sempat bingung juga bagaimana menampilkan IDLE (python shell) layaknya di Windows. Ternyata IDLE di Linux harus di install terlebih dahulu untuk melengkapi interpreter yang sudah ada. Cara menginstallnya sama dengan program lainnya, yaitu pada Ubuntu Software Centre tinggal kita ketik IDLE dan akan muncul pilihan program yang tersedia. Kemudian pilih IDLE 2.6 jika anda menggunakan Python 2.6. Tunggulah beberapa saat hingga proses instalasi selesai, dan kemudian Python IDLE telah siap di eksekusi. ^_^

1 komentar:

  1. Ԝhat's up, constantly i useⅾ to check webpage posts һere іn the
    early hours in tһe morning, aѕ i enjoy to fіnd out more ɑnd mоre.

    BalasHapus